Jumat, 20 Oktober 2017

Gizi Seimbang, bukan 4 Sehat 5 Sempurna Lagi

teruntuk orang tua yang punya anak masih sekolah terutama TK-SMP, jadi berawal dari pengalaman pribadi, adik teman saya yang masih kelas 2 SD, lagi mengerjakan PR sewaktu saya datang, saya sempat melirik  sekilas dan ada hal yang mengganggu pikiran saya, ada satu pertanyaan "makanan yang bergizi adalah makanan yang mengandung?", adiknya teman saya menjawab "4 sehat 5 sempurna", saya merasa tercengang sesaat, mahasiswa ilmu dan teknologi pangan seperti saya merasa bahwa jawaban tersebut tidak sepenuhnya benar.

Sekarang, tagline makanan bergizi bukan lagi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, melainkan makananan yang mengandung "GIZI SEIMBANG", mengapa demikian? salah satu contoh adalah susu, susu di dalam 4 sehat 5 sempurna, dia sebagai pelengkap, namun bagaimana jadinya ketika tubuh butuh vitamin dan mineral untuk kebutuhan metabolisme tubuh jika para orang tua sekarang memberikan susu kedelai? yang namanya susu itu berasal dari sumber hewani, namun susu kedelai merupakan sumber nabati yang kaya akan protein, padahal protein bisa didapat dari ikan, dan bahkan orang yang kelebihan protein, protein dalam tubuh tersebut akan disimpan sebagai lemak di jaringan adiposa dan berpotensi mengalami obesitas. 


Jadi, para orang tua, perhatikan konsumsi sehari-hari anak anda dengan memenuhi gizi seimbang, dan para guru, tolong selalu belajar, karena semua ilmu di dunia ini tidak ada yang eksak selain matematika, sisanya pasti terdapat pembaharuan sejalan dengan perkembangan jaman. ingat ya, gizi seimbang, tubuh butuh karbohidrat bisa dari nasi dan gandum, tubuh butuh protein bisa dari ikan, biji-bijian, telur, dll, tubuh butuh lemak bisa dari daging, tubuh butuh serat bisa dari sayur-sayuran, tubuh butuh cairan bisa dengan minum air putih setidaknya 2 liter sehari, tubuh butuh vitamin bisa dari buah-buahan, tubuh butuh mineral bisa dari susu dan buah-buahan. jaga keseimbangan gizi tubuh anda dengan konsumsi makanan-makanan yang mengandung gizi seimbang.. terima kasih :)

printhub plaza festival | 21:42

Tidak ada komentar:

Posting Komentar